Selasa, 09 November 2010

.. Teknologi Pada TeLemaTika .. "WireLess dan TerminaL" .. ^^

Vera Gustin NurmaLita Sari
ZuLidyah Kurniati

Tugas KeLomPok
TeknoLogi Pada TeLemaTika "WireLess dan TerminaL"
Terkait GUI

SebeLum membahas Lebih daLam, pertama kami akan mencoba membahas tentang antarmuka pengguna (user interface). Sebuah antarmuka pengguna (user interface) yang menghubungkan pengguna (user) dengan sistem operasinya merupakan haL yang Lazim daLam teknoLogi teLematika saat ini. User interface dapat dirancang dalam bentuk tampilan grafis yang dapat menghubungkan langsung dengan user (pengguna sistem). Selain itu, user Interface memiliki timbal baLik dengan pengguna, maksudnya adaLah menerima informasi dari pengguna dan memberikan informasi kepada pengguna untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Contoh dari user interface adalah video conference (layanan komunikasi yang berupa video dan audio secara real time). Dari segi software, user interface terbagi menJadi 2 bagian, yaitu Graphichal User Interface (GUI) dan Command-Line Interface (CLI). Sedangkan dari segi hardware user interface dapat berbentuk SCSI, IDE (ATAPI), Apple Desktop Bus (ADB), USB dan Fire Ware.
Tetapi, dalam pembahasan kali ini, kami hanya akan membahas teknologi telematika dari segi software, yaitu yang terkait dengan GUI (Graphical User Interface). Pada windows XP, user interface yang terkait atau berbasis GUI disebut dengan Lunar. Contoh sistem operasi yang berbasis GUI adalah Linux. Beberapa contoh GUI yang digunakan pada Linux adalah sebagai berikut :
1. X-Window System (bukan X-Windows) yang memiliki tampilan yang bervariasi (dinamis), misalnya fvwm, olvwm, twm, afterstep, kde, enlightenment, windowmaker, gnome, mlvwm.
2. Produk KDE (K Desktop Environment) adalah KDE, yaitu sebuah aplikasi desktop environment yang digunakan pada sistem operasi yang berbasis UNIX. KDE berfungsi untuk mengurangi penggunaan command line yang mungkin terlalu rumit bagi pengguna yang masih pemuLa menggunakan sistem operasi berbasis UNIX tersebut, sehingga pengoperasiannya semudah mengoperasikan desktop pada lingkungan Windows maupun MacOS. Versi KDE yang paling baru adalah KDE 3.1.4 (rilis), sedangkan untuk versi pengembangan adalah KDE 3.2 Beta 22. Pada saat ini, hampir semua distribusi besar Linux (misalnya Redhat, SuSe dan Debian) menyertakan KDE sebagai desktop environment-nya.
3. GNOME merupakan sebuah desktop default yang sangat user friendly pada sistem operasi linux. Ada 3 cara alternatif berikut ini jika terjadi eror pada desktop Gnome pada linux yang sering digunakan:
1. Tekan tombol kombinasi Ctrl-Alt Backspace
2. Masuk pada terminal / console dan ketikkan : sudo /etc/init.d/gdm restart
3. Masuk pada terminal lalu ketikkan perintah : killall gnome-panel

GUI merupakan sebuah bentuk antarmuka pengguna (user interface) yang berfungsi untuk membantu pengguna agar dapat lebih mudah berinteraksi dengan sistem yang dijembatani oleh media grafik, gambar-gambar, menu, icon, dan pointing device. Ada beberapa elemen utama yang dimiliki oleh GUI yang dapat diringkas ke dalam konsep WIMP (Window, Icon, Mouse dan Pointing device).
Biasanya, user (pengguna) teknologi komputer yang masih pemula (awam) dan belum mengerti benar menilai suatu sistem operasi hanya dilihat dari tampilan luarnya saja atau hanya melihat dari GUI-nya saja. Sistem operasi yang memiLiki GUI yang Lebih bagus, maka akan diminati banyak pengguna. Tetapi sebenarnya untuk menilai sistem operasi tidak bisa hanya dilihat dari GUI saja, ada beberapa komponen yang harus dinilai atau dilihat. Penilaian pertama pengguna terhadap GUI suatu sistem operasi mengakibatkan perusahaan yang mengembangkan sebuah sistem operasi saling berlomba untuk mengembangkan GUI-nya dan menciptakan keunggulannya masing-masing.
Salah satu fitur yang terdapat pada interface telematika seperti : Aplikasi Berbasis Web (berteknologi internet) yang tidak perlu diinstall di setiap client dan bisa jalan di sistem operasi apapun (Open System).
Terdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna (user interface) telematika. Fitur-fitur tersebut antara lain sebagai berikut :
1. Head Up Display System
Head Up Display (HUD) berbentuk tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.
2. Tangible User Interface
Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.
3. Browsing Audio Data
Browsing Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera.

4. Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka pengguna (user interface) telematika yang dapat merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition di mana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu di sana terdapat aspek dari pengenal pembicara, di mana digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang tersebut bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.
5. Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.


Jaringan Wireless
Wireless, rasanya kata tersebut sudah tidak asing lagi bagi kita terutama bagi orang-orang yang sudah mengenal dunia teknologi. Jaringan wireless merupakan sebuah jaringan yang sangat berguna untuk kita, karena dapat memudahkan kita dalam mengakses internet.
Jaringan wireless adalah sebuah jaringan yang dapat mengkoneksikan dua komputer atau lebih menggunakan sinyal radio, dapat digunakan untuk berbagi-pakai file, printer, atau akses Internet. Berbagi sumber file dan memindah-mindahkannya tanpa menggunakan kabel. Kelebihan lainnya dari jaringan wireless adalah mudah untuk di-setup dan handal sehingga cocok untuk pemakaian di kantor atau di rumah. Tapi, pada perkembangannya saat ini, kini wireless tidak hanya dapat digunakan di rumah atau kantor saja, tetapi dapat tersedia di tempat umum ( misalnya di pusat-pusat perbelanjaan, restoran-restoran, dan lain-lain.
Wireless (Wi-fi, wifi  singkatan dari Wireless Fidelity) merupakan sebuah standar kompatibilitas untuk satu set perangkat untuk wireless local area networks (WLAN), yang menggunakan spesifikasi IEEE 802.11 sebagai basis. Standar lebih baru yang terkait dengan spesifikasi 802.11 seperti 802.16 ( WiMAX ), saat ini (2005) sedang digarap menawarkan banyak peningkatan seperti jangkaun lebih luas dan kecepatan lebih tinggi. Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.
Setiap PC pada jaringan wireless dilengkapi dengan sebuah radio tranceiver, atau biasanya disebut adapter atau kartu wireless LAN, yang akan mengirim dan menerima sinyal radio dari dan ke PC lain dalam jaringan. Anda akan mendapatkan banyak adapter dengan konfigurasi internal dan eksternal, baik untuk PC desktop maupun notebook. Mirip dengan jaringan Ethernet kabel, sebuah wireless LAN mengirim data dalam bentuk paket.

Terminal
Terminal merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Secara umum, sebuah terminal terdiri dari monitor dan keyboard. Terminal dapat dibagi menjadi tiga kelas dilihat dari kemampuan pemrosesan yang dimiliki, yaitu :
1. intelligent terminal
piranti stand-alone yang terdiri dari memori utama dan CPU. Selain itu, intelligeny terminal juga dapat deprogram oleh pengguna.
2. smart terminal
mempunyai beberapa kemampuan pemrosesan (alat pemrosesan), tetapi tidak sebanyak yang dipunyai oleh intelligent terminal. Smart terminal juga memiliki memori di dalamnya sehingga inputan yang telah dimasukkan dapat dikoreksi kembali dan program jenis ini juga tidak dapat diprogram oleh pengguna, kecuali oleh pabrik pembuatnya.
3. dumb terminal atau non intelligent terminal
terminal yang tidak mempunyai kemampuan pemrosesan sehingga tidak bisa diprogram dan bergantung sepenuhnya pada prosesor komputer. Non intelligent terminal juga berfungsi sebagai alat input (masukkan) dan outpot (keluaran) pada komputer.

Jika kita menggunakan beberapa komputer terminal/client dengan satu server permasalahan yang timbul jika komputer terminal/client akan berjalan, komputer terminal/client akan butuh untuk menulis beberapa files ke dalam server, dan juga komputer terminal/client membutuhkan untuk menghubungkan beberapa sistem file root. Beberapa komputer terminal/client mempunyai spesifikasi perangkat keras yang berbeda. Pada saat terminal/client/terminal/client melakukan proses booting, garis besar proses yang dijalankan adalah:
1. Mencari alamat ip dari dhcp server.
2. Mengambil kernel dari tftp server.
3. Menjalankan sistem file root dari nfs server.
4. Mengambil program X-server ke dalam memory dan mulai menjalankannya.
5. Melakukan hubungan dengan xdm server dan user login ke dalam xdm server.



referensi :
http://gaptechnology.wordpress.com/2009/12/29/middleware-telematika-teknologi-osgi-dan-automotive-multimedia-interface-colaboration/

http://obelghacuex.blogspot.com/2009/12/jaringan-wireless-pada-telematika.html
http://mydelight.co.cc/?p=116

1 komentar:

The Geeks mengatakan...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

Posting Komentar