Minggu, 21 Februari 2010

Kiat Sehat dan Umur Panjang

Ehm, setiap orang pasti ingin memiliki hidup yang sehat dan jauh dari penyakit. Dan tidak sedikit pula orang yang menginginkan umur yang panjang. Banyak cara dan usaha mereka lakukan demi mendapatkan keinginan itu, mereka juga begitu berusaha keras. Dari usaha yang mereka lakukan tidak sedikit juga menemui kegagalan pada akhirnya.

Setelah membaca sebuah artikel di sebuah Koran, saya mencoba membagi apa yang telah saya baca. Ternyata ada seseorang yang berasal dari Amerika Serikat yaitu Walter Breuning, seseorang yang diberi gelar orang tertua karena ia sudah berumur 113 tahun pada bulan September tahun lalu. Sebuah umur yang sudah lebih dari 1 abad dan sangat tua untuk usia pada umumnya. Sangat jarang orang yang berumur setua itu, bahkan dia adalah orang yang tertua di dunia saat ini sesuai dengan gelarnya.

Dalam sebuah acara talk show terkenal yang disiarkan oleh salah satu stasiun televisi swasta terkenal di Indonesia, Walter mencoba berbagi kiat hidup sehat dan bahagianya sehingga ia bisa memiliki umur yang panjang sampai saat ini.

Berikut ini beberapa kiat itu :

1. Makan secukupnya. Makan secukupnya tentu lebih baik daripada makan yang berlebihan. Walter mengaku bahwa dirinya hanya makan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan siang hari saja.

2. Mengkonsumsi buah sebanyak-banyaknya. Pola makan ini dirasakan Walter sebagai kunci kesehatannya selama ini, karena ia mengaku tidak pernah berobat.

3. Berbuat baik terhadap orang lain. Ehm, kedengarannya memang agak sedikit lucu, tapi menurut Walter sikap seperti ini dapat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mentalnya.

4. Banyak bersosialisasi. Sikap ini tidak beda jauh dengan sikap berbuat baik terhadap orang lain. Kedua sikap ini tentu saja saling berhubungan. Sebagai makhluk sosial tentu saja kita tidak dapat hidup individual, karena kita pasti membutuhkan orang lain. Dan dengan banyak bersosialisasi dapat mempengaruhi hidup kita.

5. Selalu mengaktifkan tubuh dan pikiran. Contohnya saja, Walter biasa membaca dan mendengarkan radio.

6. Bekerja keras.

Di atas tersebut merupakan kiat hidup sehat dan panjang umur menurut Walter Breuning, orang yang memiliki umur tertua di dunia. Semoga kiat-kiat tersebut dapat bermanfaat.

Sumber : media Indonesia.health.minggu, 14 januari 2010.

0 komentar:

Posting Komentar