Minggu, 21 Februari 2010

Mikrokomputer Pribadi

Kalau kita membicarakan tentang komputer rasanya tidak ada habisnya, karena perkembangan dunia teknologi saat ini, terutama komputer sudah sangat pesat. komputer bukan lagi menjadi suatu barang yang tabu saat ini, di mana-mana komputer sudah sangat mudah ditemui. Padahal dulu komputer masih belum tereksplorasi secara luas.

Fungsi dari komputer pertama kali adalah sebagai alat penghitung elektronik. Penemuan pertama komputer terlebih dahulu diawali dengan adanya penemuan mikroprosesor. Mikroprosesor merupakan sebuah mesin yang menggabungkan ribuan transistor menjadi satu chip kecil. Mesin ini pertama kali dikembangkan oleh Ted Hoff di Intel Corporation pada tahun 1971 di Santa Clara Valley.

Kemudian, pada tahun 1976 di tempat yang saat ini lebih dikenal sebagai lembah Silikon ada 2 orang, yaitu Steve Jobs dan Steve Wozniak, mereka menciptakan sebuah komputer mikroprosesor buatan sendiri. Komputer mikroprosesor buatan sendiri itu disebut Apple I. Mereka mencoba mengembangkan, membuat dan memasarkan Apple I kepada para penggemar elektronik di sekitar mereka. Setelah itu, pada tahun 1977, Jobs dan Wozniak mendirikan Apple Computer, Inc.

Penemuan mereka tidak hanya sampai di situ, karena pada bulan April di tahun yang sama, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II yang merupakan komputer pribadi pertama di dunia. Usaha mereka tidak sia-sia, pada akhir tahun 1978, Apple menjadi salah satu perusahaan yang pertumbuhannya paling cepat di Amerika.

Keberhasilan terus diraih oleh mereka dan terus mendominasi industri teknologi komputer sampai kemunculan IBM yang memperkenalkan PC pada tahun 1981. Dan sejak tahun 90-an sampai sekarang, PC sudah menjadi hal yang biasa di berbagai bidang di dunia, seperti dunia bisnis, sekolah dan rumah.

0 komentar:

Posting Komentar