Kamis, 10 Februari 2011

^c0nt0h kasUs cybErcrimE ..

Cybercrime ..
Ap itu cybercrime ????
Ada beberapa pendapat yang menyatakan tentang pengertian dari cybercrime. Cybercrime seperti yang kita ketahui sebeLumnya merupakan suatu bentuk keJahatan di dunia cyber atau internet. Ya, perkembangan dunia teknoLogi yang begitu pesat saat ini Juga menimbuLkan semakin maraknya cybercrime.. dan memberikan peLuang kepada para pengguna yang tidak bertanggungJawab dapat dengan mudah meLakukan cybercrime tersebut karena saat ini sudah semakin mudahnya mengakses internet ..
Untuk membahas Lebih LanJut mengenai cybercrime dan contoh-contoh kasusnya, saya menc0ba memaparkan di bawah ini ..

PENGERTIAN CYBERCRIME
Ada beberaPa pendaPat yang menyatakan tenTang definisi cybercrime, seperti di bawah ini :
1. Menurut ForesTer dan Morrison, menyatakan bahwa keJahatan k0mputer merupakan sebuah aksi atau tindakan kriminaL yang menggunakan komputer sebagai senJata uTamanya..
2. Menurut Girasa (2002)., menyatakan cybercrime meruPakan sebuaH keJahatan yang memanfaaTkan kemaJuan teknoLogi k0mpuTer sebagai k0mp0nen uTamanya ..
3. Menurut Tavani (2000) :: mendefinisikan cybercrime sebagai sebuah keJahatan di mana aksi atau tindaKan kriminaL hanya daPat diLakukan dengan menggunakan teknoLogi cyber (interneT) dan terjadi di dunia cyber tersebut..

Menurut saya, inti sebenarnYa dari definisi cybercrimE adaLah meruPakan suatu tindak keJahatan di dunia cybEr yang diLakukan oLeh orang-orang yang tidak bertanggungJawab yang memanfaatkan kemaJuan teknoLogi komputer sebagai penJembatan untuk meLakukan tindak keJahatan tersebut .. (hhe maaf s0 tau.. ^^)

Sekarang LanJut membaHas mengenai c0nt0h kasus cybercRimE di Ind0neSia ..
Ada beberapa contoh kasusnya yang saya daPatkan dari beberaPa sumber,.
1. MembaJak siTus wEb ..
Biasanya pembaJakan siTus wEb ini diLakukan oLeh crackEr dengan mengubaH haLaman wEb pemiLik.. istiLah dari kegiaTan ini Lebih dikenaL dengan deface.. pembaJakan situs wEb ini dapat diLakukan dengan mengekspLoitasi Lubang kEamanan.

2. Virus ..
PenyebaRan virus saat ini sudah semaKin marak dan biasanya penyebaran virus diLakukan Lewat emaiL. Biasanya pemiLik emaiL tidak menyadaRi bahwa emaiLnya sudah terkena virus.. Kemudian, virus tersebut akan dikirimkan ke temPat Lain meLalui emaiLnya ..

3. Denial Of Service (DoS) dan Distributed DoS (DDoS) attaCk ..
DoS attaCk adaLah sebuaH seRangan yang bertuJuan untuk meLumPuhkan targEtnya seHingga ia tidak daPat membErikan Layanan .. dengan hiLangnya layanan tersEbut maka target tidak dapat memberikan Layanan sehingga menimbuLkan kerugian finansiaL. DoS attack dapat dituJukan unTuk server (kompuTer) dan juga dapaT ditargEtkan kepada Jaringan (menghabiskan bandwidth). Tools unTuk meLakukan haL ini banyak tersebar di Internet. DDoS attack meningkaTkan seRangan ini dEngan meLakukannya dari berberapa (puLuhan, raTusan dan baHkan ribUan) k0mpuTer seCara sErEntak ..

4. PencUrian dan pEnggunaan acc0unT intErnEt miLik orang Lain ..

Pencurian acc0unt ini hanya mEnangkaP userid dan passw0rd dari user .. peLaku Hanya mencUri inf0rmaSi dari usEr dan usEr tidak akan meraSa keHiLangan apapUn .. Biasanya eFek baru diRasakan kEtika mEreka mEnyadari bahwa inf0rmaSi yang mErEka miLiki digUnakan oleh piHak yang tidak berHak..

5. Pr0bing dan p0rt scanning ..

BeRbagai pr0gram yang digUnakan unTuk meLakukan pr0bing aTau p0rtscanning ini daPat diperoLeh seCara graTis di Internet. SaLah satu pr0gram yang paLing p0puLer adaLah “nmap” (untuk sistem yang berbasis UNIX, Linux) dan “SupErscan” (untuk sistem yang berbasis Microsoft Windows). SeLain mengidentifikasi port, nmap juga bahkan dapat mengidentifikasi Jenis 0perating system yang digunakan.

6. KejahaTan yang bErHubungan denGan naMa d0main ..

Suatu naMa d0main biasanya digunakan oLeh suatu peruSaHaan ataU meRek daGang untuk mengidentifikasikan diri merEka.. Tapi saat ini, sudah banyak 0rang-0rang yang tidak berTanggungJawab mengambiL keUntungan dengan caRa mEndaftarkan d0main naMa perusaHaan 0rang Lain kemudian berUsaHa menJuaL kembaLi dengan harGa yang Lebih mahaL (sepErti caLo) .. istiLah dari pEkErJaan ini adaLah cybersquatting. KeJaHatan Lainnya adaLah membUat d0main pLeseTan, yaitu d0main yang mirip dEngan nama d0main orang Lain. IstiLah dari pEkerJaan ini adaLah typosquatting.

7. SertiFikasi pErangkaT sEcuRity ..


8. IDCERT (Ind0nEsia CompuTer EmErgEncy Resp0nsE TimE) ..


Sumber :
http://blogkublogku.blogspot.com/2010/05/kasus-kasus-computer-crime-cyber-crime.html
http://keamananinternet.tripod.com/pengertian-definisi-cybercrime.html



0 komentar:

Posting Komentar