Selasa, 04 Mei 2010

Alpukat Ternyata Bermanfaat ....

Alpukat, siapa yang tidak mengenal buah yang memiliki daging tebal dan lembut juga berkulit hijau itu. Alpukat (Persea Americana) atau disebut juga avokad berasal dari bahasa Aztek yaitu ahuacatl. Buah ini berasal dari daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Seseorang yang memperkenalkan buah ini pertama kali adalah seorang pemimpin pasukan Spanyol yag bernama Martín Fernández de Enciso. Beliau memperkenalkan buah tersebut pada tahun 1519 kepada orang-orang Eropa. Pada saat yang sama, para pasukan Spanyol yang menjajah Amerika Tengah memperkenalkan coklat, jagung dan kentang kepada masyarakat Eropa. Dan sejak itu buah alpukat menjadi terkenal di dunia.
Buah alpukat biasanya dijadikan jus atau bahan campuran untuk es campur atau dapat juga dimanfaatkan untuk hidangan lain. Siapa yang menyangka bahwa ternyata buah yang memiliki rasa nikmat ini memiliki banyak manfaat bagi manusia. Banyak kandungan zat yang kaya manfaat terdapat dalam alpukat. Tetapi, ada sebagian orang yang segan untuk mengkonsumsi alpukat karena menganggap alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi.
Hampir setiap bagian dari pohon alpukat memiliki manfaat. Kayu pohon alpukat bermanfaat sebagai bahan bakar. Biji dan daunnya dapat digunakan dalam industri pakaian. Kulit pohonnya dapat digunakan untuk pewarna coklat pada produk yang terbuat dari kulit.
Alpukat mengandung kurang lebih 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Buah ini juga kaya akan protein, riboflavin (vitamin B2) , niasin (vitamin B3), potasium (kalium) dan vitamin C. Alpukat juga memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat bagi tubuh. Zat besi dalam tubuh berfungsi sebagi pigmen pengangkut oksigen dalam darah. Sementara oksigen sendiri diperlukan untuk fungsi normal seluruh sel tubuh.
Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Tetapi, hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak sehat yang mirip dengan minyak zaitun. Lemak yang dikandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang berdampak positif dalam tubuh dan didominasikan asam lemak tak jenuh oleat yang bersifat antioksidan kuat. Selain itu, lemak pada alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL), sehingga dapat menekan risiko stroke dan serangan jantung. Lemak pada alpukat juga digunakan dalam pembuatan sabun dan kosmetik
Alpukat berbeda dengan buah-buahan lain yang mengandung pati, karena alpukat hampir tidak mengandung pati sedikit mengandung gula buah, tapi berlimpah serat selulose. Hal inilah yang menjadikan alpukat dianjurkan sebagai bahan menu untuk mengendalikan diabetes. Dan alpukat ternyata juga baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Ini adalah manfaat zat-zat yang terkandung dalam alpukat :
• Vitamin E dan vitamin A
Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Campuran vitamin E dan vitamin A sangat berguna dalam perawatan kulit. Kombinasi vitamin E dan vitamin A membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.
• Potasium atau Kalium
Potasium (dikenal juga sebagai kalium) yang ada dalam alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.
• Lemak tak jenuh
Dalam alpukat ada lemak nabati yang tinggi yang tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mudah dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.
• Asam oleat
Asam oleat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.
• Vitamin B6
Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.
• Zat Besi dan Tembaga
Zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia.
• Mineral Mangaan dan Seng
Unsur ini bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga.


0 komentar:

Posting Komentar