Sabtu, 08 Mei 2010

Mengenal Basis Data


Basis data terdiri dari dua kata, yaitu basis dan data. Basis dapat diartikan sebagai suatu tempat yang dapat digunakan untuk berkumpul dan data adalah suatu fakta dari dunia nyata yang mewakili suatu objek. Data juga merupakan bahan mentah yang belum diolah menjadi informasi, dengan kata lain data merupakan cikal bakal dari informasi.
Sebuah basis data dapat dipandang sebagai sebuah tempat penyimpanan untuk files data yang terkomputerisasi. Secara lengkap, pemanfaatan basis data dilakukan untuk memenuhi sejumlah tujuan sebagai berikut :
• Kecepatan dan kemudahan
Memungkinkan untuk mudah melakukan penyimpanan, perubahan data dan pengambilan suatu data dibandingkan jika dilakukan secara manual.
• Efisiensi ruang penyimpanan
mengurangi jumlah redundansi (pengulangan) data, baik dengan melakukan penerapan sejumlah pengkodean atau dengan membuat relasi-relasi (dalam bentuk file) antar kelompok data yang saling berhubungan.
• Keakuratan
Pemanfaatan pengkodean ata pembentukan keterhubungan antar kelompok data dengan menerapkan aturan atau batasan data
• Ketersediaan
Pertumbuhan data (baik dari jumlah maupun jenisnya) sejalan dengan waktu akan semakin membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Data yang sudah jarang atau bahkan tidak pernah lagi digunakan dapat diatur untuk dilepaskan dari sistem basis data dengan cara penghapusan atau dengan memindahkannya ke media penyimpanan.
• Keamanan
Sistem keamanan digunakan untuk dapat menentukan siapa saja yang boleh menggunakan basis data dan menentukan jenis operasi apa saja yang boleh dilakukan
• Pemakaian Bersama
Pemakai basis data sering kali tidak terbatas hanya pada satu pemakaian saja atau oleh satu sistem aplikasi saja. Basis data yang dikelola oleh sistem (aplikasi) yang mendukung lingkungan multiuser, akan dapat memenuhi kebutuhan ini, tetapi dengan menjaga/menghindari terhadap munculnya persoalan baru seperti inkonsistensi data (karena data yang sama diubah oleh banyak pemakai pada saat bersamaan).
• Kelengkapan
Lengkap atau tidaknya data yang dikelola bersifat relatif baik terhadap kebutuhan pemakai maupun terhadap waktu. Dalam sebuah basis data, struktur dari basis data tersebut juga harus disimpan. Untuk mengakomodasi kebutuhan kelengkapan data yang semakin berkembang, maka tidak hanya menambah record-record data, tetapi juga melakukan penambahan struktur dalam basis data.

0 komentar:

Posting Komentar