Selasa, 04 Mei 2010

Cari Tahu Berbagai Macam Manfaat Jeruk Nipis


Jeruk nipis adalah tumbuhan atau buah yang sudah sangat dikenal oleh penduduk dunia. Biasanya, jeruk nipis digunakan untuk penambah citra makanan atau minuman. Untuk membuat teh terasa lebih nikmat, diperas dalam soto atau sambal agar terasa lebih sedap. Padahal, jika kita ketahui lebih dalam, ternyata manfaat jeruk nipis lebih dari itu. Jeruk nipis (citrusaurantifolia) termasuk salah satu jenis citrus Geruk. Batang pohon jeruk nipis berkayu ulet dan keras. Sedang permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam. Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C. Sedangkan daun, buah dan bunganya mengandung minyak terbang. Rasa jeruk nipis yang masam dapat membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok. Di Indonesia jeruk nipis sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, ketombe, flu, demam, terlalu gemuk, amandel, penyakit anyang-anyangan (kencing terasa sakit), mimisan, dan radang hidung. Jeruk nipis juga efektif mencegah timbulnya batu ginjal. Jeruk nipis mengandung sitrat yang tinggi, sementara banyak penderita batu ginjal memiliki kadar sitrat yang rendah. Kandungan sitrat jeruk nipis lokal (citrus aurantifolia swingle yang bulat) sepuluh kali lebih besar dibanding kandungan sitrat pada jeruk keprok atau enam kali lipat dari jeruk manis. Kandungan sitratnya mencapai 55,6 gram per kilogramnya Ada beberapa penyakit yang dapat diobati dengan jeruk nipis, seperti di bawah ini : Penyakit Yang Dapat Diobati
1. Amandel

Bahan : 1 buah jeruk nipis, 1 ½ rimpang kunyit sebesar ibu jari dan diparut, 2 sendok makan madu.

Cara membuat : peras jeruk nipis, kemudian ambil sarinya (airnya). Kemudian, parut kunyit dan diperas untuk diambil airnya. Setelah itu, oplos dengan madu dan ditambah dengan ½ gelas air, aduk hingga rata dan disaring.

Cara menggunakan : minum 2 kali sekali secara teratur
2. Malaria

Bahan : 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan kecap, garam secukupnya
Cara membuat : peras jeruk nipis dan ambil airnya. Oplos dengan bahan lainnya yaitu kecap dan garam secukupnya, kemudian saring.

Cara menggunakan : minum tiap pagi menjelang sarapan.

3. Ambeien

Bahan : 2-4 potong akar jeruk nipis
Cara membuat : rebus akar jeruk nipis dengan 1 ½ liter air sampai mendidih hingga menyusut tinggal 1 liter, kemudian angkat dan saring.

Cara menggunakan : minum setiap sore secara teratur
4. Sesak Nafas

Bahan : 1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah, 1 butir telur ayam kampong, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 potong gula batu.

Cara membuat : peras jeruk nipis, kemudian ambil airnya. Parut bawang merah dan campur dengan bahan lainnya, kemudian seduh dengan air panas secukupnya, aduk hingga rata dan saring.
Cara menggunakan : minum setelah makan pagi secara teratur

5. Influenza

Bahan : 1 buah jeruk nipis, ½ sendok minyak kayu putih, kapur sirih secukupnya

Cara membuat : panggang jeruk nipis sejenak dan peras untuk diambil airnya. Setelah itu, campur dengan bahan lainnya dan aduk hingga rata, kemudian saring.

Cara menggunakan : minum 1 kali sehari secara teratur
6. Batuk

a. Bahan : 1 buah jeruk nipis, 1 ½ sendok kecap, garam secukupnya

Cara membuat : jeruk nipis diperas untuk diambil airnya

Cara menggunakan : diminum secara teratur 1 kali sehari selama sakit

b. Bahan : 1 buah jeruk nipis, ¼ sendok tepung biji buah pala, 1 sendok minyak kayu putih

Cara membuat : jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai rata
Cara menggunakan : dipakai sebagai bedak dan dioleskan pada dada dan punggung.

7. Sakit Panas

Bahan : 1 buah jeruk nipis, ½ sendok minyak kelapa, 1 sendok minyak kayu putih, 2-4 siung bawang merah dan dihaluskan

Cara membuat : peras jeruk nipis dan ambil airnya, kemudian oplos dengan bahan lainnya

Cara menggunakan : dikompres dan gosokkan pada bagian dada dan punggung

Semoga tips-tips ini dapat bermanfaat ...... ^_^

0 komentar:

Posting Komentar