Minggu, 02 Mei 2010

Tipe Kulit Wajah dan Khasiat Buah Untuk Kesehatan Kulit

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang tentunya menunjang penampilan kita. Agar penampilan tetap menarik dan kita dapat percaya diri wajah perlu terlihat segar, maka penting bagi kita menjaga kesegaran kulit wajah dengan memanfaatkan khasiat buah-buahan yang mengandung vitamin yang dapat membantu kesegaran wajah.
Ada beberapa tipe kulit wajah yang kita ketahui dan dapat dijaga kesegarannya dengan memanfaatkan kandungan vitamin buah-buahan yang sesuai dengan tipe kulit wajah kita.
Tipe pertama adalah wajah berminyak yang mempunyai ciri-ciri keluarnya minyak terus-menerus pada wajah di sekitar dahi, hidung, dagu dan pipi di bagian bawah tulang pipi. Biasanya tipe wajah berminyak rentan ditumbuhi jerawat. Dan untuk membantu mengatasinya, buah mentimun dapat dimanfaatkan kandungan vitaminnya. Mentimun dapat menghaluskan dan melemaskan kulit, membantu meringankan pori-pori, serta mengeluarkan kotoran dari kulit. Dengan demikian timbulnya jerawat pun dapat dicegah. Selain itu, ternyata buah tomat juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan minyak pada kulit berminyak, sehingga wajah kita dapat terlihat selalu segar dan alami.
Tipe kedua adalah tipe kulit wajah kering yang biasanya kulit akan terlihat kusam atau tidak mengilap, kadang terasa menegang (tertarik), bersisik dan kulit terasa gatal. Keadaan pori-pori kulit sering tampak layu dan kasar, serta keriput, sehingga terlihat lebih tua dari umur sebenarnya. Untuk mengatasi jenis kulit seperti ini, buah yang cocok untuk mengatasinya adalah buah wortel. Seperti yang kita ketahui, buah wortel mengandung vitamin A yang dapat membantu memelihara jaringan epitel (jaringan pada permukaan kulit) dan zat karoten yang terdapat pada wortel juga dapat menjaga kelembaban kulit, memperlambat timbulnya kerutan pada wajah dan membuat wajah tampak selalu berseri. Selain wortel, ada juga buah nanas yang mengandung zat yang dapat meringkaskan pori-pori agar kulit tampak halus.
Dan yang terakhir adalah kulit tipe ideal, yaitu tipe kulit normal. Tipe kulit ini tidak memiliki permasalahan berminyak atau kering. Kulit normal memiliki tekstur halus dan jika disentuh terasa lembut. Untuk kulit normal, buah alpukat dapat menjadi pilihan. Masker alpukat dapat membantu merawat jenis kulit wajah normal. Sebab, kadar lemaknya yang tinggi dapat melembabkan kulit dan melindungi kulit dari pengaruh sinar matahari.

0 komentar:

Posting Komentar